Pengertian VLAN


Assalamualaikum Wr. Wb

Hallo Friends, apa kabar? jumpa lagi bersama admin dari blog ini.
kali ini admin akan membahas apa itu VLAN ?.



VLAN (Virtual Local Area Network) adalah sekelompok perangkat yg terdapat pada satu LAN atau lebih yg telah dikonfigurasi ( melalui software pengelola ) sehingga dapat berkomunikasi  seperti perangkat tersebut terhubung ke jalur yg sama, namun sebenarnya perangkat tersebut berada di segmen yg berbeda.
Agar komputer bisa berkomunikasi pada VLAN yg sama maka setiap komputer harus memiliki ip address dan subnetmask yg sesuai dengan VLAN tersebut.
Sebuah VLAN memungkinkan seorang Administrator membuat sekelompok peralatan yg secara logikal dihubungkan satu sama lain.
Penerapan teknologi VLAN membuat sebuah jaringan menjadi lebih fleksibel, efisien, dan efektif.


Keuntungan menggunakan VLAN :
  • Security --> Departemen yg memiliki data sensitif terpisah dari jaringan yg ada, sehingga akan mengurangi peluang pelanggaran dalam mengakses informasi rahasia & penting.
  • Cost reduction --> Penghematan biaya yg dihasilkan dari tidak diperlukannya biaya yg mahal untuk melakukan upgrade jaringan dan efisiensi penggunaan bandwith dan uplink.
  • Higher Performance --> Meningkatkan performa dan mengurangi traffic yg tidak diperlukan pada jaringan dengan membagi jaringan layer 2 menjadi beberapa workgroup secara logic (broadcast domain).
  • Broadcast storm mitigatiaon --> Dengan membagi sebuah jaringan menjadi VLAN mengurangi jumlah peralatan yg berpartisipasi dalam broadcast storm.
  • Improved IT staff efficiency --> Pengelolaan jaringan menjadi lebih mudah dilakukan, karena user-user dengan kebutuhan jaringan yg sama berbagi pakai VLAN yg sama.
  • Simple project or application management --> mempermudah pengelolaan sebuah project / bekerja dengan aplikasi khusus.

Cara kerja VLAN :

VLAN diklasifikasikan berdasarkan metode (tipe) semua informasi yang mengandung pengalamatan suatu vlan (tagging) baik menggunakan port atau MAC address yg  di simpan dalam suatu database (tabel), jika penandaannya berdasarkan port, maka database harus mengindikasikan port-port yang digunakan oleh VLAN.


Untuk mengaturnya biasanya menggunakan switch / bridge yg manageable, switch inilah yg menyimpan semua informasi dan konfigurasi suatu VLAN.
Switch akan menentukan kemana data-data akan diteruskan.


sekian info dari saya semoga bermanfaat :)

Wassalamualaikum Wr. Wb


Sumber referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/VLAN

0 Response to Pengertian VLAN

Post a Comment